Memeriksa Protofolio Peserta Didik
Dalam dunia pendidikan, portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio. Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta didik. Portofolio demikian di sebut juga‘portofolio untuk penilaian’atau‘portofolio penilaian’.
Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja peserta didik yang produktif, yaitu‘bukti’tentang apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh peserta didik. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan peserta didik dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya. Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja peserta didik, melainkan kumpulan hasil peserta didik dari kerja yang sengaja diperbuat peserta didik untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar peserta didik.
Portofolio peserta didik untuk penilaian merupakan kumpulan produksi peserta didik, yang berisi berbagai jenis karya seorang peserta didik, misalnya: 1. Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik peserta didik, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis. 2. Gambar atau laporan hasil pengamatan peserta didik, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan 3. Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan 4. Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah, dalam mata pelajaran yang bersangkutan 5. Laporan hasil penyelidikan tentang hubungan antara








0 komentar:
Posting Komentar